Membuat Teks dengan Photoshop

Teks merupakan kumpulan dari pixel-pixel yang secara matematis membentuk huruf, simbol dan angka. Teks yang ditulis dalam Photoshop menghasilkan teks berbasis vektor, yang berarti pengubahan ukuran dan transformasi pada teks tidak akan menurunkan kualitas teks tersebut.
Tool yang digunakan untuk membuat tulisan adalah tool Type. Ketika membuat tulisan dengan tool Type, secara otomatis akan terbentuk sebuah layer baru untuk teks tersebut yang dinamakan Type Layer. Type Layer dapat diubah menjadi Layer Bitmap dengan perintah Rasterize untuk menambahkan efek dan keperluan manipulasi yang lebih komplek.
Ketika memilih tool Type, akan tampil Option Bar berikut ini :

  1. Set the font family, digunakan untuk memilih jenis huruf.
  2. Set the font style, digunakan untuk memilih tipe huruf seperti Bold (tebal), Italic (miring) dan Regular (standar).
  3. Set the font size, digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
  4. Set the anti-aliasing method, digunakan untuk menghaluskan tampilan tulisan.
  5. Alignment, digunakan untuk mengatur perataan huruf atau tulisan seperti Left align text (rata kiri), Center text (rata tengah), dan Right align text (rata kanan).
  6. Set the text color, digunakan untuk mengatur pewarnaan huruf atau tulisan.
  7. Create warped text, digunakan untuk membuat tulisan dengan bentuk susunan tertentu.





Langkah-langkah membuat teks adalah sebagai berikut :
  1. Buka Photoshop CS3.
  2. Klik File >New (Ctrl+N)

  1. Atur Name, Width, Height, Resolution, Color Mode, Background Contens sesuai kebutuhan, lalu tekan OK. Sebagai contoh di sini menggunakan Background Contens White.
  2. Klik Horizontal Type Tool atau tekan pada keyboard untuk membuat teks mendatar, atau Vertical type tool untuk membuat teks menurun.

  1. Klik pada kanvas baru yang dibuat pada langkah ke-2 tadi, lalu ketikkan  kalimat misalnya Web Design. Setelah selesai mengetikkan kalimat untuk mengakhiri klik tanda centang Commit any current edits, yang terletak di pojok kanan atas lembar kerja photosop CS3.


  1. Untuk mengubah warna teks klik double pada huruf pada Indicates text layer.

Teks akan tampak terblok seperti ini :

  1. Ubah warna teks menjadi merah dengan cara klik 2x pada kotak Set the text color. Caranya klikkan pada kotak warna merah, tekan OK, lalu klik tanda centang Commit any current edits seperti langkah no.5.

  1. Ubah jenis font, ukuran font dan sebagainya sesuai keinginan. Di contoh menggunakan Font Arial, ukuran 60 pt. Setelah selesai untuk mengakhiri klik tanda centang Commit any current edits.


 Teks horisontal/mendatar sudah jadi,  hasilnya :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

fungsi tools pada adobe illustrator

Warna sekunder & Warna Intermediate

Teknik menggambar bentuk ada enam, yaitu linear, blok, arsir, dusel, pointilis dan aquarel